Feeds:
Pos
Komentar

Archive for Februari, 2010

Generasi tercemar

Bagaimana mungkin penelitian di Indonesia maju dan memberikan hasil yang memuaskan kalau dana untuk penelitian yang sudah dialokasikan masih digerogoti oleh para pejabatnya, dan para peneliti hanya mendapatkan sisanya…

Ternyata kondisi birokrasi di Indonesia pascareformasi belum juga beranjak menuju ke tingkat yang lebih baik. Menyedihkan memang, tidak jauh berbeda dengan apa yang pernah saya tulis di postingan lama yang berjudul “Dana Taktis”. Sebuah kondisi yang umum ditemukan di era orde baru itu ternyata masih mampu bertahan hidup (dan berevolusi) hingga saat. Kalau sudah begini, saya lebih setuju jika “generasi yang sudah tercemar” ini dienyahkan saja dari jajaran birokrasi di negeri ini.

Menyebalkan!

Read Full Post »

Riset itu investasi, begitu juga pendidikan. Dengan memberikan perhatian yang lebih pada riset dan pendidikan, sebetulnya kita sedang berinvestasi membangun kemandirian bangsa ini.

Kenapa alokasi dana untuk riset itu kecil? Kenapa biaya sekolah “dibikin” mahal? Sementara, alokasi dana untuk “memanjakan” wakil rakyat dan para birokrat sangat besar? Jangan-jangan dugaan saya bahwa “pintar itu ancaman” memang benar adanya.

Read Full Post »

Sekali nggak suka, mau sebaik apapun dia pasti yang kelihatan cuman jeleknya… (Tessuga)

Sepertinya, kutipan yang saya tuliskan di atas sedang dialami oleh SBY saat ini. Apapun yang dikatakan atau dilakukan olehnya (juga oleh mentri-mentrinya), yang muncul ke permukaan (di media massa) hampir selalu yang negatifnya aja. Salah satunya adalah kasus “kerbau” yang sempat jadi  hot news di beberapa media massa. Ada yang bilang SBY sukanya curhat lah, berlebihan lah, dst..dst…

Yah, mungkin itulah resikonya jadi kepala negara atau pemimpin ya? Ada yang suka, ada juga yang nggak suka. Tapi harusnya sih SBY sudah terbiasa dengan yang kaya gituan. Enjoy aja lah boss!

Tapi, sebenernya, kalau cuman ngingetin supaya demonya jangan sampai “menghina” lambang-lambang negara, sebetulnya itu wajar-wajar aja kan? Masa sih presiden nggak boleh mengemukakan pendapat? Kan bukan cuman demonstran yang boleh bebas “berekpresi”? Presiden juga kan punya hak untuk “berekspresi” toh!

Read Full Post »

Reformasi Birokrasi

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan, program reformasi birokrasi telah dan sedang dilaksanakan secara bertahap. Program itu dapat diselesaikan untuk keseluruhan kementerian dan lembaga pada tahun 2011 (Kompas, 20 Agustus 2009).

Sebetulnya apa sih reformasi birokrasi itu? Kalau di kantor saya sih kebanyakan orang selalu menganggap reformasi birokrasi sama dengan remunerasi. Padahal, menurut saya, itu dua hal yang berbeda, meskipun mungkin memiliki hubungan sebab akibat.

Kalau menurut KBBI, birokrasi itu punya arti sbb:

bi·ro·kra·si n 1 sistem pemerintahan yg dijalankan oleh pegawai pemerintah krn telah berpegang pd hierarki dan jenjang jabatan; 2 cara bekerja atau susunan pekerjaan yg serba lamban, serta menurut tata aturan (adat dsb) yg banyak liku-likunya dsb;

Sementara itu, remunerasi berkaitan dengan gaji atau imbalan untuk para pegawai.

Jadi kalau birokrasinya direformasi, artinya sistem pemerintahan yang ada sekarang ini (yang cenderung korup dan tidak sangkil dan mangkus) perlu diperbaiki supaya menjadi bagus atau setidaknya lebih bagus daripada sebelumnya. Kalau dulu PNS bisa kerja seenaknya, sekarang mereka harus kerja sesuai aturan yang ada. Kalau dulu ngurus suatu urusan ke kantor pemerintah perlu waktu yang lama dan proses yang berliku-liku serta pungli di sana-sini, maka sekarang harusnya sudah gak ada yang kaya gitu lagi.

Nyatanya? Sepertinya sih reformasi birokrasi masih jauh panggang dari api ya? Saya sih pesimis 2011 semuanya beres, apalagi kayanya rencana dari pemerintah tentang reformasi birokrasi ini masih samar-samar gaungnya di tingkat pegawai. Selain itu, reformasi birokrasi itu kayanya mau gak mau harus juga memperhatikan remunerasi deh. Kalau remunerasinya masih kaya sekarang ini, kayanya susah juga deh reformasi birokrasi bisa berjalan dengan sukses. Emangnya pegawai itu robot, mereka kan juga manusia dan perlu hidup yang lebih layak! Apalagi inflasi akan terus terjadi, mana bisa konsen kerja kalau penghasilan setiap bulannya jauh dari mencukupi!

Btw. ada yang tahu gak, kenapa pemerintah cenderung untuk lebih menaikkan tunjangan daripada gaji pokok? Kan kasihan kalau nanti pegawai yang bersangkutan sudah gak menjabat lagi atau kalau sudah pensiun? bisa langsung anjlok itu pendapatan! mana tahan!

Read Full Post »

Pajak

Hari gini bermewah-mewah pake uang pajak, apa kata dunia…

Sudah masuk bulan Februari, sebentar lagi harus mulai ngisi SPT tahun 2009. Siap-siap nyetor pajak deh. Sebenernya, sebagai pembayar pajak, agak gak rela juga ya kalau nanti pajak yang kita setorin itu ternyata banyak yang dikemplang oleh para pejabat negara dan kroninya, atau banyak yang dialokasikan untuk bermewah-mewahan seperti membeli mobil dinas baru dan fasilitas-fasilitas mewah lainnya untuk para pejabat negara yang bisanya cuman petantang-petenteng.

Kalau sudah begitu, apa kata dunia coba?

Read Full Post »